25 Jan

PKMD D3 Kebidanan

Mahasiswa Program Studi (Prodi) D3 Kebidanan,  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Al-Irsyad Cilacap, kembali melaksanakan kegiatan Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) di wilayah Kabupaten Cilacap yaitu di desa Bopala dan Desa Kelang. Acara ini diselenggarakan tgl 10 -11 januari 2017. Acara dihadiri lurah dari Desa Bopala dan Kelang , perwakilan Puskesmas  Kesugihan dan serta  segenap  mahasiswa yang akan melaksanakan tugas PKMD.

Dalam Praktek Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa ini mahasiswa mengawali kegiatan dengan observasi ke pelosok desa untuk mendapatkan data real penduduk desa setempat kemudian hasil observasi dipresentasikan dalam Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). Kegiatan PKMD atau lebih dikenal dengan istilah Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Adapun data kesehatan, meliputi jumlah penduduk berdasarkan kelompok usia, jaminan kesehatan yang dimiliki, jumlah perokok, riwayat penyakit, sumber informasi kesehatan, pengalaman penyuluhan kesehatan, penggunaan alat kontrasepsi, posyandu dan tempat membeli obat.

Sedangkan untuk data keadaan lingkungan, seperti cara membuang limbah rumah tangga, cara buang air besar warga, jarak sumber air dari septic tank, kepemilikan kandang hewan ternak, kondisi kandang hewan ternak, jenis dinding, lantai rumah dan atap rumah.

Data yang disajikan mahasiswa itu, dibahas untuk menentukan tindakan atau kegiatan yang akan dilakukan mahasiswa bersama – sama dengan Dinas Kesehatan Kebumen , Puskesmas, pemerintahan desa, dan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Desa tempat pelaksanaan PKMD.

 

related posts